Tempat Wisata Favorit di Garut

Pantai Santolo Pameungpeuk Kabupaten Garut

Pantai Santolo Pameungpeuk Garut – Sudah pernah liburan bersama keluarga atau sahabat ke pantai Cilauteureun atau lebih dikenal pantai Santolo Garut? Kalau belum, jangan beranjak dulu atau buru-buru pergi. Simak terus artikel ini  sampai tuntas, karena akan mengulas perjalanan wisata ke pantai Santolo Pameungpeuk Garut. 

Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut wilayah Selatan, koordinat 7 39’ 40”S, 107 41’ 11”E. Jarak Pantai Santolo Pameungpeuk dari ibu kota Kabupaten Garut sekitar 88 km, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3,5 jam. Lokasi Pantai Santolo ini berdekatan dengan Pantai Sayang Heulang.

Menurut informasi yang beredar di Garut, Kecamatan Cikelet, Pameungpeuk dan 14 kecamatan lainnya di Garut Selatan akan dimekarkan menjadi daerah otonomi baru (DOB) Garut Selatan.

Pantai Santolo Pameungpeuk Garut
Pantai Santolo Pameungpeuk Kabupaten Garut

Rute perjalanan menuju pantai Santolo dari arah Garut

Dari Jakarta

Dari Jakarta naik bus juruasan Jakarta-Garut seperti bus Wanaraja atau Karunia Bakti, berhenti di terminal Guntur Garut. Tarif Jakarta-Garut sebelum naik BBM Rp. 35.000,-

Dari Bandung

Dari terminal Cicaheum, Cileunyi atau Leuwi Panjang bisa menggunakan mobil elf atau mini bus jurusan Bandung-Garut, berhenti di terminal Guntur. Bisa juga naik elf atau mini bus yang langsung ke Pameungpeuk. Sebelum naik BBM Kabinet Kerja, tarif Bandung-Garut Rp. 20.000,- sedangkan Bandung-Pameungpeuk Rp. 40.000 – 45.000,-

Dari Garut

Dari terminal Guntur Garut, naik elf atau mini bus jurusan Garut – Pameungpeuk. Kalau memakai kendaraan pribadi, dari Jakarta atau Bandung lewat Alun-alun Tarogong Garut – Simpang Lima – Pemda – Maktal (arah kanan) – Bayongbong – Cisurupan – Cikajang – Cigugur (arah kanan) – Pantai Santolo Pameungpeuk Garut.

Jalan menuju pantai Santolo Garut harus hati-hati karena banyak tikungan tajam, namun jalannya sudah cukup bagus dan lebar.

Dari Ciwidey – Pantai Santolo Garut

Untuk jalur ini saya belum bisa mengulas lebih jauh, karena belum pernah menempuh jalur ini. Sekedar informasi singkat rute Ciwidey – Pantai Santolo Pameungpeuk Garut yaitu Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk. Jarak sekitar 200-250 km, waktu tempuh 7 jam dan belum ada kendaraan umum.

Pantai Santolo Pameungpeuk Kabupaten Garut
View Jalan menuju pantai Santolo by Yuliyana Fauzi
Semoga nanti ada pembaca yang bersedia memberikan informasi detik tentang jalur Ciwidey – Pantai Santolo Garut pada kotak komentar di bawah.

Keindahan Pantai Santolo Pameungpeuk Garut

Pantai Santolo Garut memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pantai Santolo berada sekitar 700 meter dari pintu masuk. Di sebelah kiri berjarak beberapa ratus meter ke bibir pantai terdapat peluncuran roket, LAPAN. Tepat di dekat pantai, terdapat tempat pelelangan ikan (TPI) hasil tangkapan nelayan pantai Santolo. Di sekitar situ banyak penginapan dengan tarif harga terjangkau, yaitu mulai Rp. 100.000 – Rp. 200.000 per hari. Harga yang cukup realistis untuk penginapan di tempat wisata pantai.

Di pantai Santolo Garut pengunjung boleh berenang dalam jarak tertentu. Tetapi harus tetap hati-hati, karena deburan ombak pantai Santolo lumayan besar. Kalau anda ingin merasakan sensasi ombak pantai Santolo, di sana terdapat banana boat yang bisa anda sewa sepuasnya. Beberapa puluh meter dari bibir pantai terlihat ada tiang-tiang besi yang berdiri kokoh, menurut informasi tiang-tiang tersebut merupakan peninggalan zaman Belanda.

Berjarak tidak jauh dari Pantai Santolo, terdapat sebuah pulau seluas kurang lebih 5 hektare. Kalau ingin melihat keindahan pulau itu, anda bisa menggunakan jasa perahu penyeberangan. Selain perahu penyeberangan, ada juga jembatan yang menghubungkan antara pantai Cilauteureun dengan pulau Santolo. Kapal-kapal nelayan Pameungpeuk berlabuh di pulau itu. Dermaga di pulau Santolo yang dibangun pada tahun 1910 seluas 100 meter x 50 meter mampu menampung 50 kapal perahu kapasitas angkut 5 ton.

Pemandangan paling indah di Pantai Santolo Pameungpeuk Garut yaitu menjelang malam di tepi pantai, apalagi kalau sedang tiba saatnya datang bulan purnama, panoramanya tidak kalah dari keindahan alam di puncak gunung. Bagi wisatawan yang hobi mancing di laut, kesempatan bermalam di Cilauteureun bisa dimanfaatkan untuk mancing atau ngobor (mencari ikan tangkap tangan).

Pesona Pantai Santolo Pameungpeuk by Garut.co

Bakar ikan di pantai Santolo Garut

Tidak lengkap rasanya kalau berwisata ke pantai Santolo tanpa menikmati bakar ikan segar di pinggir pantai. Harga ikan segar di tempat pelelangan ikan berkisar antara Rp. 20.000 hingga 30.000 per ekor (kg). Anda dapat membeli yang sudah matang atau dapat pula membakarnya sendiri di tepi pantai sambil menyaksikan deburan ombak di Pantai Santolo Garut yang sangat mempesona.

Tips wisata murah ke Pantai Santolo Garut

Banyak pengunjung atau wisatawan yang mengeluhkan harga makanan dan minuman di sekitar pantai Santolo yang mahal. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu harga barang yang akan anda beli agar anda tidak terjebak. Solusi lain anda bisa beli makanan dan minuman di luar sebelum masuk ke pintu gerbang pantai Santolo. 

Untuk masalah keamanan, hindari jalan-jalan malam di tempat sepi. Mintalah tour guide atau petugas penginapan untuk menemani anda. Pantai Santolo Garut tidak sebebas seperti di pantai-pantai Bali, kearifan lokal mesti tetap kita hormati. Berlakukan santun dan menghargai kearifan lokal masyarakat setempat, karena pantai Santolo Pameungpeuk Garut lokasinya berdekatan dengan perkampungan.

Demikianlah informasi wisata Pantai santolo di Pameungpeuk Kabupaten Garut. Semoga bermanfaat, selamat berwisata!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pantai Santolo Pameungpeuk Kabupaten Garut

3 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke wisatakagarut.blogspot.com. Blog ini mengulas informasi lengkap dan akurat seputar tempat wisata di Kabupaten Garut. Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan Anda sesuai dengan topik artikel di atas. Mohon tidak meninggalkan spam atau link aktif. Kami tunggu kehadiran Anda di Kabupaten Garut.