Tempat Wisata Favorit di Garut

Jalur pendakian gunung Papandayan Garut via Cisurupan

Jalur pendakian gunung Papandayan Garut via Cisurupan – Gunung Papandayan merupakan destinasi wisata andalan di Kabupaten Garut. Gunung Papandayan memiliki beberapa tempat menarik seperti kawah Papandayan, Hutan Mati, Pondok Saladah, Gober Hut, Tegal Alun, Tegal Panjang dan tempat-temat menarik lainnya yang belum dikembangkan.

Jalur pendakian gunung Papandayan Garut
Jalur pendakian gunung Papandayan

Jalur pendakian gunung Papandayan Garut via Cisurupan dari arah terminal Guntur

Jalur pendakian gunung Papandayan dari arah Jakarta atau Bandung naik bus jurusan Garut berhenti di terminal bus Guntur Garut. Dari situ jalan kaki sedikit, masuk ke terminal elf. Dari terminal elf Guntur Garut ada banyak pilihan jurusan, bisa memakai elf jurusan Garut – Cikajang, Garut – Pameungpeuk atau Garut – Singajaya, atau bisa juga naik angkot jurusan Garut- Cikajang. Minta berhenti di alun-alun Cisurupan, dari terminal Guntur sampai alun-alun Cisurupan sekitar 30 menit.

Jalur pendakian gunung Papandayan dari alun-alun Cisurupan menuju areal publik atau lapang parkir Papandayan jalannya bagus dan lebar. Disitu banyak tukang ojek dan colt buntung. Kalau anda naik kendaraan umum dan rombongan anda hanya dua atau tiga orang gunakanlah ojek agar menghemat waktu. Tetapi kalau rombongan cukup banyak, bisa menggunakan angkutan colt buntung agar lebih hemat. Tarif colt buntung dari alun-alun Cisurupan sampai lapang parkir kawah Papandayan sekitar Rp. Rp. 250.000, kalau masih merasa kemahalan coba ditawar kembali.

Jalur pendakian gunung Papandayan Garut 

Jalur pendakian gunung Papandayan Garut
Di alun-alun Cisurupan Garut
Sampai di lapang parkir Papandayan, diharuskan daftar di pos pendaftaran. Terakhir saya muncak Papandayan bulan Februari 2015 lalu, tarif masuknya Rp. 10.000,- per orang. Jalur pendakian gunung Papandayan dari Pos I cukup lebar, melewati jalan bebatuan. Sisi kiri kanan jalan terdapat pohon cantigi yang daunnya hijau. Beberapa puluh meter dari pintu masuk, jalur pendakian gunung Papandayan akan melewati kawah Papandayan.

Di sekitar kawah pendaki dituntut hat-hati karena di sebelah kiri jalur pendakian gunung Papandayan ini jurang yang lumayan curam, di bawahnya air kawah yang mendidih dan mengepulkan asap dan baunya cukup menyengat.

Jalur pendakian gunung Papandayan melewati kawah sekitar 30 menit – 60 menit, tergantung cepat lambatnya perjalanan. Tidak perlu khawatir, tanjakan jalur pendakian gunung Papandayan cukup landai, sehingga cocok didaki anak-anak atau pendaki pemula. Setelah habis jalur kawah, jalannya datar dan lebar, selanjutkan jalan lebar berbatu yang anda ikuti akan buntu. Dari situ turun ke arah sebelah kanan mengikuti jalan setapak sampai menemukan sungai kecil.

Dari sungai kecil tersebut, jalur pendakian gunung Papandayan kembali menanjak. Melewati hutan cantigi yang tidak terlalu lebat, kalau musim hujan harus hati-hati karena jalannya licin dan di sebelah kiri di ujung hutan cantigi terdapat jurang. Jalur pendakian gunung Papandayan sampai ke lawang angin kembali landai, berbatu dan jalannya lebar.

Di lawang angin, anda kembali diwajibkan lapor di Pos II. Di situ terdapat persimpangan, jalan lurus menuju Pangalengan, sedangkan arah ke sebelah kiri adalah jalur pendakian Gunung Papandayan menuju Pondok Saladah, Hutan Mati dan Tegal Alun. Dari Pos II ke Pondok Saladah dan Hutan Mati hampir tidak ada tanjakan, jalurnya teduh karena sinar matahari terhalang pohon cantigi. Dari Pos II ke Pondok Saladah memakan waktu sekitar 15 menit – 30 menit pejalanan.

 Jalur pendakian gunung Papandayan Garut
 Jalur pendakian gunung Papandayan Garut menuju Tegal Alun
Jalur pendakian gunung Papandayan dari Pondok Saladah ke hutan mati tidak begitu sulit, karena hutan mati sudah terlihat dari camping ground Pondok Saladah. Tinggal mengikuti arah jalan setapak yang menuju ke hutan mati. Sedangkan ke Tegal Alun masih lumayan jauh, bisa membutuhkan waktu hingga 2 jam. Jalur pendakian gunung Papandayan dari Pondok Saladah ke Tegal Alun tanjakannya lumayan hebat, hati-hati karena jalurnya berbatu.

Demikian info singkat jalur pendakian gunung Papandayan Garut. Semoga bermanfaat, selamat mendaki...!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jalur pendakian gunung Papandayan Garut via Cisurupan

26 komentar:

  1. Info yg sangat bagus, rencana mau naik tgl 16-17agustus 2015.

    BalasHapus
  2. Insya Allah awal September 2015 ini sy mau ke Papandayan...http://www.apatcartoon.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Insya Allah awal September 2015 ini sy mau ke Papandayan...http://www.apatcartoon.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Insyallah sya 19-20 sep kepapandayan. Mungkin bisa bareng bang

    BalasHapus
  5. Saya jg akhir september ini mau nanjak ke papandayan, ada yg mau ikut? Oalnya saya cuma 4orng cwe smua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari mana mba? Tgl brp berangkatnya?

      Hapus
    2. Tanggal 19-20 naiknnya mba. Biar bisa bareng.
      Admin mau naik tnggal brpa?

      Hapus
    3. Belum fix, soalnya saya lg sakit.
      Oh ya, sementara papandayan ditutup karena sedang terjadi kebakaran..

      Hapus
  6. info donk gunung papandayan sudah dibuka kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm ada pemberitahuan resmi mba, tapi saya lihat akhir pekan ada pendaki yg turun

      Hapus
  7. Pengen kesitu tapi belum ada temann (p) waduhhhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap hari banyak pendaki yang naik Papandayan mba..

      Hapus
  8. maaf nih gan saya mau tanya . bulan apa yang ga boleh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu ditutup untuk pemulihan dan musibah kebakaran hutan. sekarang boleh kok gan kalau mau naik Papandayan.

      Hapus
  9. papandayan memang lokasi ideal untuk mendaki dengan keluarga. tgl 24 yukk.. :D

    BalasHapus
  10. ka kalo petik bunga edlwies di papandayan di periksa gk yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat apa metik bunga edelwis? Emang nanam gitu?
      Gk boleh gan. Kalau setiap pendaki metik sekuntum bunga, maka dalam sebulan habis itu bunga. Ingat kode etik: jangan ambil apapun kecuali gambar. Tks.

      Hapus
  11. kang husni betul sekali. :D
    jangan dipetik bertujuan untuk menghias kamar dirumah, kalau kangen datanglah digunung papandayan. kalau pun ada teman yang mau melihat ajaklah mendaki gunung papandayan.

    #jangan ambil apapun kecuali gambar, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak.

    BalasHapus
  12. 10rb masih murah ya, sekarang udah bengkak mas ane naik tahum 2017 cek rangkumannya disini cerita perjalanan ke gunung Papandayan

    BalasHapus
  13. Bulan mei lalu sempat naik ke papandayan, sekarang masuk udah Rp30rb dan kalau menginap perhari Rp35rb hehehe lumayan mahal untuk ukuran anak gunung.
    mampir ke blog saya ya : Pendakian gunung Papandayan

    BalasHapus
  14. matap gan infonya ngeabntu banget buat para pendaki yang baru pertam kali ingin mendaki gunung papandayan

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke wisatakagarut.blogspot.com. Blog ini mengulas informasi lengkap dan akurat seputar tempat wisata di Kabupaten Garut. Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan Anda sesuai dengan topik artikel di atas. Mohon tidak meninggalkan spam atau link aktif. Kami tunggu kehadiran Anda di Kabupaten Garut.