Tempat Wisata Favorit di Garut

Padang Eidelweis Tegal Alun Gunung Papandayan

Padang Eidelweis Tegal Alun Gunung Papandayan - Tegal Alun yang terletak di gunungPapandayan Garut adalah padang edelwis terluas di Jawa Barat. Luas Tegal Alun Papandayan kurang lebih 32 ha hektare, gunung tertinggi ke dua setelah gunung Cikuray. 

Pendaki atau wisatawan yang datang ke Taman Wisata Alam (TWA) gunung Papandayan kebanyakan jarang sampai ke Tegal Alun. Untuk mengunjungi Tegal Alun dibutuhkan waktu khusus, sebaiknya dilakukan pagi hari saat cuaca belum terlalu panas. Pengelola TWA gunung Papandayan tidak mengizinkan pengunjung bermalam di kawasan Tegal Alun. 

Pengunjung hanya diperbolehkan camping di Pondok Salada. Pondok Salada merupakan lokasi camping paling aman bagi wisatawan, pecinta alam atau pendaki gunung Papandayan. Tidak jauh dari area camping, Anda dapat menikmati pemandangan eksotis di Hutan Mati.

tegal alun papandayan garut
Tegal Alun Gunung Papandayan Garut by Tamasyafoto
Pengunjung jarang sampai di Tegal Alun karena jaraknya lumayan masih jauh dari Pondok Salada. Medan jalannya tidak selebar dan selandai jalan dari lokasi parkir ke Pondok Salada, lebih nanjak dan lumayan terjal. 


Tetapi jika anda mengunjunginya anda tidak akan kecewa karena pemandangannya alamnya yang indah, bunga edelwis (bahasa latin) atau sering disebut bunga abadi menghampar luas di lokasi ini. Pengunjung TWA gunung Papandayan yang sampai di lokasi ini akan merasa betah dan enggan turun. Anda dibolehkan kalau hanya sekedar mengambil gambar (foto) sepuasnya, tetapi jangan coba-coba memetik bunga edelwis karena perbuatan tersebut dianggap melanggar aturan.

Kalau anda punya kesempatan berlibur ke TWA gunung Papandayan, sebaiknya coba mengunjungi Tegal Alun. Tetapi kalau belum ada yang tahu jalur, saya sarankan tidak coba-coba nekad. Ajak teman yang sudah pernah ke sana atau bisa meminta bantuan guide untuk memandu anda ke Tegal Alun. 

Atau kalau anda tidak menggunakan jasa guide, anda ikuti saja rombongan pendaki yang akan muncak ke Tegal Alun. Bawa perbekalan secukupnya saja, terutama persediaan air minum. Perlengkapan lainnya simpan saja dalam tenda atau dititipkan di Pondok Salada agar tidak membebani perjalanan anda.

Jangan heran kalau di Tegal Alun anda menginjak tanah yang bergoyang. Pertama kali ke sana saya juga sempat kaget, tanahnya elastis seperti matras. Tetapi aman kok, asal tidak macam-macam saja. Anda tidak perlu panik, berjalan saja sewajarnya. Itulah sebagian tanda-tanda kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. 

Oh iya ingat, kalau anda membawa makanan ringan atau cemilan jangan lupa plastik bekas wadah makanan harus anda bawa lagi. Maksud saya, anda tidak boleh meninggalkan apapun selain jejak kaki agar Tegal Alun tetap lestari.

Kalau sudah merasa puas jalan-jalan di Tegal Alun, sebaiknya anda lekas turun untuk mengunjungi tempat meraik lainnya di kawasan taman wisata alam gunung Papandayan. Tidak jauh dari Pondok Salada terdapat hutan bekas terbakar, orang-orang menyebutnya hutan mati.

Perjalanan ke Tegal Alun sudah selesai, selanjutnya Indahnya hutan mati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Padang Eidelweis Tegal Alun Gunung Papandayan

1 komentar:

  1. gan lagi mau ngadain kontes juga y...hadiahnya tambahin atu...biar makin greget pesertanya..kaya gini hadiahnya

    Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke wisatakagarut.blogspot.com. Blog ini mengulas informasi lengkap dan akurat seputar tempat wisata di Kabupaten Garut. Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan Anda sesuai dengan topik artikel di atas. Mohon tidak meninggalkan spam atau link aktif. Kami tunggu kehadiran Anda di Kabupaten Garut.